in

Longsor di Jl Patra Kuningan Makin Meluas

Kondisi longsor di Jalan Patra Kuningan XV, RT 06/04, Kuningan Timur, Setiabudi Jakarta Selatan pasca amblasnya turap saluran penghubung (Phb) Patra pada Jumat (11/11) lalu semakin meluas.

” Pekan lalu hujan deras dan memang sudah ada retakan sebelumnya”

Pantauan Beritajakarta.com, panjang turap saluran PHB Patra yang amblas mencapai 17 meter dari sebelumnya tujuh meter, sehingga berpotesi terjadi longsor susulan. Lebar retakan pada jalan yang  semula sekitar satu meter kini meluas menjadi tiga meter.

Satu unit eskavator spider terlihat tengah mengevakuasi material longsor di lokasi dan menghancurkan turap yang amblas serta melakukan penanaman cerucuk dolken

Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan, Holi Susanto mengatakan, turap yang amblas di lokasi sampai saat ini masih dalam penanganan.Turap tersebut diduga amblas akibat tak mampu tingginya curah hujan yang masuk melalui retakan.

“Pekan lalu hujan deras dan memang sudah ada retakan sebelumnya.  Air hujan yang masuk melalui retakan menyebabkan beban tanah berat, jadi turapnya amblas,” katanya, Senin (21/11).

Ia menuturkan, sebelum membangun turap baru, di lokasi yang longsor akan dipasang cerucuk dolken sebagai penahan tanah terlebih dahulu. Selanjutnya pihaknya akan mendatangkan material pendukung perbaikan seperti pasir, semen, batu split mulai besok.

“Dipasang cerucuk dulu untuk menahan tanah yang di atas supaya nggak turun ke bawah. Baru dilakukan pembongkaran turap dengan pembesian, pakai besi sloof dan column,” tandasnya.

What do you think?

Written by virgo

15 Kali Beraksi, Tewas Diterjang Peluru

Terkait Muslim Rohingya, Ini Penjelasan Utuh Kyaw Win, Direktur Eksekutif Burma Human Right Network