in

Pembangunan Pasar Raya Capai 90 Persen

Pembangunan Pasar Raya Padang terus dikebut. Kini, pembangunannya sudah mencapai sekitar 90 persen. Direncanakan, akhir Oktober mendatang, Pasar Raya  Blok III dan Blok IV akan diresmikan Menteri Perdagangan.

Kepala Dinas Perdagangan Padang, Endrizal mengatakan, melihat proses pengerjaan yang tergolong cepat itu, pihaknya sangat optimis seluruh proses pengerjaan Blok III dan Blok IV akan selesai menjelang diresmikan.

“Sebetulnya, kontrak pembangunan blok III dan blok IV Pasar Raya Padang akan berakhir November tahun ini. Berarti lebih kurang 2 bulan lagi kontrak akan berakhir. Sekarang, pengerjaannya hanya menyisakan beberapa bagian saja. 

Diperkirakan beberapa hari menjelang blok III dan blok IV ini diresmikan, seluruh pengerjaan di dua blok tersebut sudah selesai dilaksanakan,” ujar Endrizal kepada Padang Ekspres, kemarin (12/9).

Di samping itu, sambungnya, sejumlah pedagang sudah mulai menempati Blok III dan Blok IV tersebut. Misalnya pedagang yang sebelumnya berjualan di dekat pangkalan angkot, sudah dipindahkan ke blok III pada akhir bulan lalu.

“Pada awal pekan ini pedagang daging sudah mulai menempati blok IV. Untuk kapasitas dari masing-masing blok berkisar 150 hingga 200 pedagang untuk setiap lantainya. Kami targetkan hingga pertengahan Oktober, seluruh pedagang yang berjualan di tempat-tempat penampungan sementara akan dipindahkan ke masing-masing blok yang sudah kami tentukan sebelumnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, pedagang-pedagang yang masih berjualan di trotoar Simpang Kandang hingga Simpang Mulia akan diusahakan secepatnya disterilkan dari pedagang. Karena ketika diresmikan Oktober nanti, tidak dibolehkan satupun pedagang kaki lima (PKL) yang menjajakan barang dagangannya di trotoar dan bibir jalan pada kawasan Simpang Kandang hingga Simpang Mulia tersebut.

“Begitu juga dengan blok II. Dalam waktu dekat ini kami akan membersihkan basement dan lantai 2 blok tersebut. Paling lambat seminggu menjelang pasar ini diresmikan, basement dan lantai 2 itu, sudah bisa dipergunakan,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, sejumlah pedagang yang akan dipindahkan ke masing-masing blok, mengaku bersedia kapanpun  mereka dipindahkan.

“Saya perhatikan gedung baru Blok III dan Blok IV ini, tergolong bagus dan mempunyai fasilitas yang lengkap. Kami yakin, jika dipindahkan nanti, Pasar Raya akan terlihat lebih tertata,” ujar Lismawati, 45, pedagang ikan asin yang berjualan di tempat penampungan sementara dekat Simpang Mulia.

Damsuar, 55, pedagang sembako juga mengungkapkan demikian. “Kami berharap saat pemindahan pedagang, Dinas Perdagangan tidak tebang pilih dan harus adil. Begitu juga dengan PKL yang berjualan di trotoar dan bibir jalan, mesti dipindahkan juga. Kalau masih dibiarkan  PKL berjualan di tempat yang telah dilarang itu, maka jalan yang sudah lebar ini masih tetap sempit,” jelasnya. (*) 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Mobil Sweeper Dari Italia Tiba Dibandara Hang Nadim Batam

President SPGA Sebut Batam sebagai Surga Golf