in

SD Negeri 04 Payakumbuh, Kosong Empat Berbenah di Segala Bidang

Wira Hayu, S.Pd. SD
(GURU SDN 04 PAYAKUMBUH)

Meski tampil sebagai sekolah favorit di Kota Payakumbuh, tidak membuat warga SDN 04 Payakumbuh ex. SD N 02 Labuh Baru tinggi hati. Melainkan, justru malah sebaliknya. Sekolah favorit, senantiasa berbenah di segala bidang.

Ibu Wira Hayu, S.Pd SD sebagai Plt Kepala Sekolah menggerakkan perubahan di segala bidang strategis di sekolahnya. Hal ini sesuai dengan moto pendidikan calon guru penggerak yang sedang diikutinya yaitu Tergerak, Bergerak, Menggerakkan.

Plt yang akrab disapa Bu Ayu ini mejalani proses pendidikan guru penggeraknya dengan mengaplikasikan langsung materi-materi dalam modul. Salah satunya yaitu Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.

Di antaranya Bidang Keagamaan, Bidang Akademik, Bidang Literasi, Bidang Kesenian, Bidang olahraga, Bidang Sarana dan Prasarana Sekolah, serta Bidang Kewirausahaan Sekolah. Bidang keagamaan wadah pendidikan yang sekali disingkat (Kosempa) mempuanyai TPQ terpadu dengan program unggulan Tahfiz, dan baca Al Quran di sekolah.

Mengaji di TPQ ini diikuti secara rutin oleh peserat didik setiap Senin sampai Kamis. Follow up dari program TPQ terpadu ini adalah terlaksananya Khatam Al Quran, wisuda Tahfidz dan wisuda Iqra’. Bidang akademik SD 04 mempunyai tim guru hebat yang membina mata pelajaran MIPA.

Sehingga untuk berlomba bidang study di SLTP jalur prestasi, peserta didik SD 04 memdominasi perolehan juara. Bahkan juara umum di salah satu SLTP favorit di Kota Payakumbuh. Sudah banyak peserta didik kelas 6 yang di terima di SLTP dari jalur prestasi.

Bidang Kesenian SD 04 mempunyai banyak peserta didik yang berbakat menyanyi, puisi, melukis, dan musik tradisional. Untuk solo song, puisi dan melukis sudah masuk juara provinsi. Sanggar seni tradisional kosempa yang pernah menjadi juara terbaik tingkat nasional, kini bergerak kembali setelah lama vakum dilanda covid.

Pulang sekolah selalu ramai anak-anak sanggar latihan musik. Anak kelas 3 saja sudah pandai memainkan talempong, gandang tasa dll. Hebatnya lagi untuk bidang seni, SD 04 berkolaborasi dengan wali murid untuk melukis kelas.

Sekarang kelas 1 dan kelas 2 sudah cantik. Mobiler-nya berwarna warni, kelas indah dengan lukisan. Sungguh menyejukkan mata dan memberikan kenyamanan pada peserta didik dan guru di kelas.

Untuk bidang Literasi Kosempa memiliki banyak karya peserta didik dan guru yang dipajang di mading sekolah setiap 2 pekan, semua kelas bergantian untuk berkarya. Di tahun sebelumnya dari kelas 6 biasanya terbit buku antologi karya siswa dan guru. Tahun ini sedang proses pengeditan buku antologi karya siswa kelas 3 dengan guru kelasnya.

Dibidang olah raga, untuk semester ini banyak peserta didik yang menang mengikuti kejuaraan. Di antaranya karate, taekwondo, badminton, bola kaki dan renang. Banyak medali ema yang dipersembahkan oleh putra putri terbaik kosempa.

Kemudian jika dilayangkan pandangan ke halaman sekolah, bunga-bunga juga sekarang sudah bermekaran, ditepi lapangan tanami pucuk merah, di sudut luar dibuat rest area, Disini wali murid bisa duduk dibawah naungan kanopi, menunggu anaknya pulang
Karena berada di pusat jantung kota dan pinggir jalan raya, Pagar SD 04 sengaja di buat 2 lapis agar lebih terjaga keselamatan semua warga sekolah.

Begitu juga halaman samping yang juga sedang proses pembuatan 2 lapis pagar. Mudah-mudahan di halaman samping ini segera terwujud impian warga kosempa. Pada seminar master plan sekolah, disebutkan bahwa kelak disin akan berdirinya mushalah, kantor guru dan aula yang representatif, memberikan ruang yang lebih leluasa untuk aktivifitas pendidikan di SD N 04 Payakumbuh.

Jalan-jalan ke tepi sawah Tampak burung memakan ulat. Dengan sinergi semua warga sekolah berbagai perubahan kini terlihat. (Wira Hayu, S.Pd. SD, GURU SDN 04 PAYAKUMBUH)

What do you think?

Written by Julliana Elora

SDS Islam Terpadu PHI Kota Payakumbuh, Semoga Menjadi Haji Yang Mabrur

Senja di Trotoar Jalan Soedirman, Siapa Peduli Lelaki Bisu dan Bocah Lumpuh?