in

SD Negeri 21 Teluk Nibung, Peran Alumni Dalam Pengembangan Pendidikan di Sekolah

Amidhia, S.Pd, GURU SDN 21 TELUK NIBUNG

Alumni adalah aset yang sangat berharga dalam sebuah Lembaga Pendidikan di sekolah. Alumni menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses Pendidikan di sekolah.

Ini karena alumni termasuk mitra untuk saling berkolaborasi dengan Lembaga Pendidikan sekolah. Alumni memiliki peran yang sangat strategis dalam bidang akademik maupun non akademik.

Alumni juga menjadi media evaluasi dan tolak ukur kesuksesan sebuah lembaga pendidikan. Sebelumnya, penulis ingin menjelaskan apa itu alumni.

Alumni adalah sebutan bagi siswa maupun yang telah menyelesaikan pendidikannya sesuai dengan UU Pendidikan sekolah menengah atas atau kejuruan selama 6 tahun untuk tingkat SD, 3 tahun tingkat SMP, dan 3 tahun untuk tingkat SMA/SMK.

Siswa yang tidak tamat atau hanya duduk 1/2 tahun di sekolah tersebut bukan alumni. Alumni adalah orang-orang yang telah tamat dari suatu sekolah.

Alumni dapat menjadi pemberi masukan yang bersifat membangun sebagai bentuk konstribusi kepada Lembaga Pendidikan pada suatu pendidkan tertentu.

Peran alumni dalam pengembangan pendidikan di sekolah seperti, sebagai motivator. Alumni atau siswa tamatan suatu sekolah yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Atau telah mengabdi motivator bagi adik-adiknya yang sedang menimba ilmu di sekolah tersebut. Penulis mencoba mengajak siswa yang lulus ikut mengembangkan kompeten bersama adek-adek di SMKN 9 agar bisa berkolaborasi meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Alumni sebagai konstributor, alumni berperan untuk mengabdikan sesuatu baik secara materil maupun moril. Secara materil dapat berupa barang maupun uang yang bersifatnya tidak memaksa dari para alumni untuk almamaternya.

Sedangkan secara moril adalah sesuatu yang bisa dimanfaatkan, seperti saran terhadap almamaternya, bantuan atau memberikan kajian kepada adik-adiknya.

Berperan dalam memberikan bimbingan

Alumni harus mampu memberikan bimbingan dan berbagi ilmu kepada adik-adik kelasnya, baik mengenai kegiatan organisasi maupun kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

Alumni juga berperan dalam mengakomodasi kebutuhan dari juniornya, baik dalam kegiatan lomba maupun kegiatan lainnya. Lalu, alumni juga berperan sebagai akomodasi.

Alumni juga berperan dalam mengakomodasi kebutuhan dari juniornya, baik dalam kegiatan lomba maupun kegiatan lainnya.(Amidhia, S.Pd, GURU SDN 21 TELUK NIBUNG)

What do you think?

Written by Julliana Elora

SMP Negeri 30 Padang, Komitmen Sekolah Tingkatkan Kinerja Guru

SMP Negeri 39 Padang, Tumbuhkan Karakter Lewat Sipak Tekong