in

SMP Islam Raudhatul Jannah, Masuk 10 Peserta Terbaik Bimtek se-Sumbar

REWARD: Para pustakawan ketika mengikuti Bimbingan Teknis Pengembangan
Perpustakaan Sekolah/Madrasah di ZHM Premiere Hotel, Padang.(IST)

Pustakawan Masuk 10 Peserta Terbaik Bimtek Perpustakaan se-Sumbar Perpustakaan Nasional bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat mengadakan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang bertempat di ZHM Premiere Hotel, Padang.

Kegiatan Bimbingan Teknis ini dilaksanakan mulai tanggal 9 Mei dan berakhir tanggal 11 Mei 2023. Ada sekitar 100 orang peserta utusan dari 15 perpustakaan sekolah/madrasah di Sumatera Barat yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Sumatera Barat ini dibuka oleh Dr. Upriyadi selaku Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI dan ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Jumaidi S.Pd., M.Pd.

Dalam sambutan pembukaannya, Dr. Upriyadi menyampaikan bahwa perpustakaan sekolah adalah sarana belajar mengajar bagi warga sekolah. Buku bukan hanya sebagai bahan pajangan namun lebih kearah memberi nilai lebih dalam memperkaya khasanah keilmuan suatu sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah/madrasah itu sendiri.

Diperlukan teamwork yang solid agar terwujud perpustakaan yang sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Perpustakaan SMP Islam Raudhatul Jannah dalam hal ini diwakili oleh Kepala Perpustakaannya, Ibu Emilia Trias Ananda, S.Pd turut ambil bagian dalam kegiatan Bimbingan Teknis yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut.

Selama pelaksanaan kegiatan bimtek ini, para peserta memperoleh ilmu dan pengetahuan seputar penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan berupa, manajemen perpustakaan, perencanaan, pengembangan koleksi, dan layanan perpustakaan.

Selain itu dalam Bimtek ini dilakukan pretest dan postest untuk mengukur dampak keberhasilan bimbingan teknis terhadap pengetahuan peserta.

Dalam sambutan penutupan, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Jumaidi S.Pd, M.Pd menyampaikan, bahwa bimbingan teknis ini diselenggarakan sebagai bekal ilmu bagi tenaga perpustakaan untuk mengelola perpustakaan. Tentunya agar sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan.

Selain itu, beliau berharap Perpustakaan Nasional juga bisa memfasilitasi dan mengakomodir rencana-rencana untuk pengembangan perpustakaan Sekolah/Madrasah di wilayah Provinsi Sumatera Barat. Di akhir acara ditunjuk 10 peserta terbaik. Satu di antaranya berhasil diperoleh oleh Kepala Perpustakaan SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh, Emilia Trias Ananda, S.Pd.

Semoga dengan pelatihan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah kedepannya dapat meningkatkan penyelenggaraan perpustakaan Sekolah/Madrasah, yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan, dan pada akhirnya semakin banyak yang siap untuk diakreditasi. Salam Literasi.(Ersis Warman, SHI, KEPALA SMP ISLAM RAUDHATUL JANNAH PAYAKUMBUH)

What do you think?

Written by Julliana Elora

SD Negeri 50 Payakumbuh, Seberapa Penting Asesmen Awal Pembelajaran Bagi Guru?

PMI dan Sibat Harus Siaga Bencana