in

Universitas Sriwijaya Datang Ke Anambas

tanjungpinang pos – Puluhan mahasiswa asal Universitas Sriwijaya (Unsri) terlihat memenuhi halaman kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas. Tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Sriwijaya (Unsri) bertujuan 0memberikan wawasan kemaritiman bagi generasi muda Anambas. Letak geografis yang berada di daerah terluar dan terdepan menjadi alasan ENJ Unsri memilih Kabupaten Kepulauan Anambas.

Mereka Kompak mengenakan baju dengan warna sama serta mengenakan kain berwarna merah bertuliskan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) mereka pun disambut hangat oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas. Tidak banyak yang tahu kalau kedatangan 25 mahasiswa ke Anambas merupakan inisiatif dari sejumlah mahasiswa asal Sumatera Selatan yang mendapat persetujuan serta bekerjasama dengan Kemenkomaritim dan Sumber Daya Republik Indonesia.

Tujuan ENJ untuk meningkatkan wawasan kemaritiman sesuai visi-misi Kemkomar. ENJ juga digagas olah Kemenkomar yang sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu. Kemenkomar juga mengkhususkan wawasan kemaritiman ini kepada generasi muda,” ujar koordinator ENJ Unsri Diana Desti Jumat (15/9/2017). usai melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas yakni Wakil Bupati Wan Zuhendra.

Berlokasi di Desa Air Bini sejumlah program mulai dari divisi sosial divisi kesehatan hingga program ekonomi coba diberikan kepada masyarakat di Kecamatan Siantan Selatan itu. Desti menambahkan, selama 10 hari di Anambas ENJ sudah melaksanakan 5 program yakni divisi sosial divisi kesehatan divisi pendidikan lingkungan dan program ekonomi. Dan Jumat (15/9) merupakan hari terakhir ENJ menjalankan program yang digagas Kemenkomar tersebut.

Datang ke Anambas menggunakan kapal Pelni mereka pun mengaku terharu dengan sambutan yang luar biasa dari masyarakat ketika menjalankan misi tersebut. Kami sudah 10 hari berada di Anambas Program yang kami fokuskan adalah divisi sosial divisi kesehatan yakni cek kesehatan dan sosialisasi tentang hidup sehat. Pendidikan kami mengajar mulai dari SD dan SMP hingga SMA. Dan lingkungan serta program ekonomi memanfaatkan sampah untuk sebagai bentuk kerajinan tangan. Waktu yang diberi Kemenkomar juga hanya 10 hari dan ini hari terakhir,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Wan Zuhendra mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa Unsri yang memberikan wawasan kemaritiman kepada generasi muda Anambas.”Mudah-mudahan apa yang diajarkan oleh teman-teman ENJ bermanfaat bagi generasi muda Anambas ini. Dan potensi yang dimiliki oleh Anambas baik pariwisata dan perikanan dapat diberdayakan semaksimal mungkin Untuk peningkatan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

What do you think?

Written by virgo

Diduga Akibat Arus Pendek Listrik kios Terbakar

Tim Satuan Kebersihan Akan Di Bentuk