in

Wagub Sumbar Launching Magister Ilmu Pertanian UMSB

Wagub Sumbar Audy Joinaldy bicara program pertanian berkelanjutan untuk nagari saat launching Program Pasca Sarjana Magister Ilmu Pertanian dan Seminar Ilmiah dan Focus Group Discusion (FGD) di Kampus IV Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Payakumbuh, Selasa (8/11) pagi.

Tampil sebagai pemateri Seminar Ilmiah, Wakil Gubernur Sumbar Audi Joinaldy dalam paparannya menyampaikan, dengan daerah yang subur, Sumatera Barat surplus lahan pertanian. Hanya saja Sumbar bermasalah soal ketahanan pangan.

“Artinya kita perlu meningkatkan kemampuan dan program-program pertanian. Makanya kita ajak para wali nagari berperan aktif dalam hal ini,” tegas Audy Joinaldy.

Wagub juga berpesan pada mahasiswwa UMSB agar mampu mengenal generalogic komoditi potensial Sumatera Barat. Sehingga bisa mengembangkan komoditi, sesuai potensi daerahnya.”Wali nagari tentunya sudah lebih paham dan juga harus lebih mengerti dengan potensi pertanian nagarinya,” harap Wagub.

Sebelumnya, pada launching Program Magister Ilmu Pertanian, Rektor UMSB Riki Saputra mengatakan, Pasca Sarjana Ilmu Pertanian nantinya dipersiapkan untuk akademisi yang ingin melanjutkan pendidikan dari berbagai kampus dengan disiplin ilmu pertanian.

“Alhamdulillah, kita mendapat hibah bangunan untuk gedung belajar dari Pemerintah Kota Payakumbuh. Disitu nantinya, kita akan gunakan sebagai tempat perkuliahan dan akan dilaksanakan mulai Desember ini,” terang Rektor UMSB, Riki Saputra.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Wilayah Sumatera Barat yang diwakili Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Payakumbuh, Asril Syamsu mengatakan, menyambut baik kemajuan yang dicapai UMSB dan Fakultas Pertanian di Kampus IV.

“Kita Muhammadiyah Sumatera Barat menyambut baik launching program magister Ilmu Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Sebagai lembaga dakwah, semoga kita terus berkembang untuk dakwah dan pembaharuan,” kata Asrul Syamsu.

Pada kesempatan launching dan seminar ilmiah dengan tema “Peran Nagari dalam Pembangunan Pertanian Berkelanjutan” ini, Bupati Agam, Andri Warman dalam sambutannya mengatakan, sangat mendukung. Namun harus mengutamakan terkait akreditasi.

“Kita berharap Magister Ilmu Pertanian akreditasinya nanti memenuhi syarat. Sehingga ASN bisa menjadikan UMSB sebagai salah satu kampus untuk meningkatkan kapasitas ASN,” harap Bupati Agam.(fdl)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Lomba Renang HUT Korpri, 39 Perenang Adu Cepat

PKL Diizinkan Berjualan Pukul 16.00-22.00