in

Wali Kota Semarang Tokoh Penggerak Koperasi

Predikat tokoh Utama Penggerak Koperasi akhirnya disematkan kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, atas komitmen dan inovasi dalam memajukan koperasi di Indonesia, khususnya Kota Semarang. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Nurdin Halid, saat peringatan ke-70 Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang dihadiri pula oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga, di Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Litani Setyawati, yang mewakili Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menerima penghargaan tersebut. Penghargaan diberikan setelah Dekopin melakukan sejumlah seleksi serta penilaian kepada seluruh kepala daerah di Indonesia. Hasil tersebut didapatkan setelah menimbang sejumlah keberhasilan program inovasi dalam memajukan dunia koperasi.

Seperti diketahui, Wali Kota Semarang sendiri merupakan inisiator program Kredit Wirausaha Bangkit Jadi Jawara, atau yang biasa disingkat Kredit Wibawa. Melalui kredit ini, pihaknya memberikan angin segar bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terkendala bantuan permodalan. Kredit Wibawa memberikan pinjaman dengan bunga paling kecil se-Indonesia, yakni sebesar 3 persen, dan bahkan disediakan program pinjaman tanpa agunan.

Inovasi tersebut memacu keaktifan koperasi di Kota Semarang. Saat ini, jumlah koperasi aktif sebanyak 686 atau 88,17 persen dari total 778 koperasi yang ada. Hendrar Prihadi juga berinovasi dengan mengeluarkan pengurusan izin usaha mikro melalui online. Melalui aplikasi IjusMelon yang dapat di-download di Google Play Store, pelaku UMKM dapat dengan mudah mendapatkan legalitas usahanya dalam waktu empat menit saja.

Inovasi tersebut yang kemudian menjadi penjembatan antara koperasi dan pelaku UMKM untuk dapat saling bersinergi dalam pengembangan usaha. Kepala Dinas Koperasi Kota Semarang, Litani Setyawati, mengaku sangat bangga dengan capaian tersebut. “Ini berati apa yang sudah dikerjakan di Kota Semarang adalah benar dan tepat, buktinya adala apresiasi ini,” ujarnya. Dirinya juga berharap dapat menginspirasi kepala daerah-kepala daerah lain dalam memajukan dunia koperasi di Indonesia. SM/E-3

What do you think?

Written by virgo

10 Cemilan Ini Bisa Jadi Pilihan Untukmu Kalau Lagi Lapar di Malam Hari

Deretan Artis Cantik nan Seksi Ini Ternyata Merupakan Mantan Al Ghazali