in

Things You Need To Know about DIY Hair Coloring

Hello Bunnies❤
Aku udah lama banget ga post yang berhubungan dengan rambut yah (except my hair service),
so now, I want to share to you about things yang kalian harus tau sebelum kalian ngecat rambut sendiri dirumah. The truth is, ga ada salahnya kok ngecat sendiri dirumah kalo kalian emang bisa, ga harus disalon karena emang lebih mahal kan?

DIY hair coloring emang lebih rempong dibanding orang yang ngelakuin dan kamu tinggal terima jadi. So this is what I usually do!
1. Decide What Color You Want
Banyak orang yang bingung waktu pemilihan warna apalagi sekarang banyak racun di instagram yang buat kita pengen banget warna itu, or saking semua bagus-bagus jadi mau semua dan akhirnya hard to decide what color you really want!
This is the most important part! You have to do some listing if you’re that type of person yang mau segalanya sampe jadi bingung mana yag harus dipilih.
Ambil beberapa color sample yang kalian mau, trus cari yang kalian mau (lihat budget kalian juga yah, colorant yang aneh-aneh itu harganya ga murah loh girls!)
Intinya kalian bikin list, trus kurangin yang kalian like less, sampe akhirnya dapet 1 color yang kalian suka banget, then put your heart in it biar ga bingung-bingung lagi.
2. Prepare your hair colorant product
When it comes to preparing things, you have to be really prepared! Kalian cari dulu barang apa aja yang diperluin! Basic things you have to have:
1. Colorant Products (colorant cream and developer)
4. Baju siap kotor
5. Bleach (if you’re planning on bleaching your hair)
Ada cat yang gampang kalian bisa beli di supermarket or drugstore, tapi ada juga yang kalian harus beli online. Kalau dulu aku pas jaman masih sering ngecat, aku biasa beli cat box yang ada di drugstore. Cat box biasa didalamnya udah di prepared for you (gloves and everything) yang kalian perlu lakuin adalah siapin rambut kalian dan baju yang siap kotor.
Kalo kalian punya rambut panjang sepinggang, 1 cat box GA AKAN CUKUP, jangan pelit untuk beli dua or more or else rambut kalian yang akan belang nanti.

3. Don’t wash your hair!
Dari pengalaman kerja di salon, they told me if you want to color your hair, the best moment is where you haven’t washed your hair. Kenapa? Karena your natural hair oil akan membantu less dry and damaged to your scalp and roots yang bisa disebabkan oleh proses coloring.
So, If you’re planning to color your hair, don’t wash your hair first! Coz well, you’re gonna wash it in the end.

4. Don’t use conditioner and hair oil!
Don’t get me wrong, conditioner and hair oil BAGUS dan SANGAT BAGUS bila digunakan SETELAH semua proses coloring! Karena akan membantu memoisturize rambut kita biar ga kusut dan kasar.
Namun, setelah liat beberapa diy di youtube, biasanya setelah proses bleaching, mreka pake conditioner and hair oil baru masuk proses coloring. DO NOT DO THAT!
Conditioner dan hair oil bekerja untuk menutup kembali kutikula rambut yang terbuka akibat proses bleach, Bayangin kutikula rambut udah tertutup yang harusnya dibiarin terbuka, waktu di masukin cat, prosesnya ga 100% berhasil. Itu kenapa ada yang bilang “kok warna nya ga sesuai yah?”
This thing might be small tapi punya huge effect!
“Tapi ada yng dicampur tuh pewarnaannya sama condi?” yes there is, to make it more pastel and at the same time, fades lebih cepat dibanding yang ga dicampur condi.

5. Don’t hesitate to ask for a help!
Sometimes kalo ngecat sendiri, bagian belakang suka ga keliatan, alhasil jd ga rata.
Mendingan kamu minta tolong temenmu or your sister/brothe/mom/dad or mba untuk liatin and bantuin bagian belakang biar mereka bisa bantu ratain colorant nya biar setelah cuci dan dikeringin nanti ga belang-belang sana sini.

6. Shampoo and Conditioner
Ada yang bilang, setelah nunggu berapa menit untuk proses cat nya, dibilas aja sampe bersih trus jangan kasih shampoo tp pake konditioner aja.
THAT”S WRONG!
After all coloring process, km cuci rambut pake shampoo biar segala colorant chemical di rambutnya di bersihkan. Cuci rambutnya ga usah di rub terlalu keras, gently rub, cuman buat bersiin rambutnya lalu harus dan harus pake conditioner untuk menjaga kesehatan rambutmu.
Setelah itu boleh deh pak hair oil! 🙂

.
.
.
.
.

I hope this tips help you guys in many ways!
If you have anything you want to ask further more, please don’t hesitate to talk to me!

.
.

For hair appointments and questions: [email protected]
Deedee Young

What do you think?

Written by virgo

dr Helgawati MM, Direktur RS Citra Bunda

FIMELAHOOD x TRESEMME Beauty Day Out