in

Tidur Beralaskan Kasur Pasir, Tradisi Unik Salah Satu Suku Di Indonesia

Tradisi tidur diatas pasir ini dapat kita jumpai di desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Madura. Selain itu dua desa lainnya yang masih melestarikan budaya ini adalah desa Legung Barat dan desa Dapenda yang juga berdekatan dengan desa Legung Timur. Tradisi tidur diatas pasir ini sudah sejak lama diwariskan oleh nenek moyang merah sebagai tradisi yang turun temurun. Hampir seluruh masyarakat disini memiliki kasur pasir didalam rumahnya, serta dihalaman rumah atau tempat mereka bersantai juga terdapat pasir sebagai alas saat mereka berkumpul bersama keluarga atau tetangga.

Bukan hanya sebagai alas tempat tidur, anak-anak ditempat ini banyak yang dilahirkan diatas pasir. Sejak mereka bayi hingga dewasa, pasir sudah menjadi sahabat akrab bagi mereka. Sehingga banyak yang memberi julukan unik kepada mereka seperti “manusia pasir”. Meskipun mereka menjadikan pasir pasir sebagai alas tempat tidur, tetapi mereka juga memiliki kasur dari kapuk atau busa layaknya masyarakat pada umumnya. Walaupun demikian, mereka lebih sering memilih untuk tidur beralaskan pasir.

Pasir yang digunakan sebagai alas tidur ini diambil dari sekitar pantai Lombang. Pasir ini diyakini tidak lengket di kulit atau tubuh meski kulit dalam keadaan basah. Butiran pasirnya memiliki tekstur yang lembut, halus, bersih, mengkilap dan memiliki warna putih gading. Sebelum digunakan sebagai kasur tidur, pasir harus dibersihkan dengan cara diayak agar bersih dari kotoran, batu, sampah atau benda-benda berbahaya. Kemudian pasir dijemur agar tidak basah atau lembab.

Menurut mereka, pasir didaerah tersebut bersifat adaptif, seolah pasir tersebut mampu mengatur suhu sesuai dengan kondisi cuaca. Saat udara panas, tidur beralaskan pasir terasa sejuk dan dingin, sebaliknya saat suhu dingin, pasir akan berubah menghangatkan tubuh mereka. Oleh karena itu, mereka tidak pernah merasa lengket atau kotor karena tidur diatas pasir tersebut. Menurut mereka pasir membawa dampak kesehatan untuk mereka karena mereka justru merasa nyaman dan nyenyak saat tidur diatas pasir, sehingga tubuh mereka menjadi lebih sehat dan bugar.

jika anda berminat untuk merasakan sensasi unik tidur diatas kasur pasir, Silahkan berkunjung ke desa yang dikenal sebagai kampung pasir ini yaitu di desa Legung, Kabupaten Sumenep, Madura. Disini anda bisa bertemu dan berbincang dengan masyarakatnya yang dikenal sebagai “manusia pasir”, selain itu anda juga dapat menikmati kuliner khas Madura dan bisa berjalan-jalan menikmati indahnya pantai yang ada di Madura.

What do you think?

Written by virgo

SERAM ! ternyata game juga memiliki sebuah "CreepyPasta" !.

Festival film Palestina dibuka di Gaza