in

29.069 PPPK Kemenag Dilantik dan Terima SK, Yaqut: Harus Ramah dalam Pelayanan

PADEK.JAWAPOS.COM-Sebanyak 29.069 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dilantik secara luring dan daring di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta serta di aula-aula pada satuan kerja Kemenag yang tersebar di seluruh Indonesia.

Saat melantik PPPK Kemenag tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap PPPK ini menjadi jalan keluar bagi persoalan status pegawai non ASN. PPPK yang dilantik diminta tetap mempertahankan dan bahkan meningkatkan kinerja dalam pelayanan publik.

“Tetap ikhlas mengabdi ke bangsa. Jangan setelah diterima bekerja asal-asalan, mentang-mentang sudah punya SK. Apalagi Kemenag merupakan kementerian dengan postur jumbo. Harapannya tubuh besar jadi semangat kita juga besar dalam memberi pelayanan terbaik untuk bidang keagamaan dan pendidikan,” pesan Menag.

Yaqut juga meminta para PPPK tidak bertindak diskriminatif dalam pelayanan. “Kemenag itu kementerian semua agama. Jadi tidak boleh ada tindakan intoleran dan diskriminatif. Beri pelayanan harus adil dan tidak boleh dibeda-bedakan,” imbuh menteri yang biasa disapa Gus Men, ini.

PPPK juga harus smart, moderat, dan menjadi problem solver. “Ini tiga hal yang harus Anda miliki agar menjadi ASN yang berdaya,” ingatnya.

ASN yang smart, menurut Gus Men, ditandai dengan karakteristik memiliki integritas, nasionalisme, profesionalisme yang di atas standar, pengetahuan wawasan global, teknologi informasi dan penggunaan bahasa yang baik.

“Harus memiliki keramahan dalam pelayanan, memiliki jejaring yang luas dalam meingkatkan pelayanan, dan tentunya jiwa entrepreneurship yang memadai,” jelas Menag.

Ciri khas ASN Kementerian Agama lainnya, lanjut Gus Men, adalah ASN yang moderat. ASN yang memiliki sikap toleran, anti-kekerasan, akomodatif terhadap budaya, dan memiliki komitmen kebangsaan yang kuat.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Andre Rosiade: Pintu Koalisi Pendukung Prabowo masih Terbuka

Berdayakan Pedagang Sayur Keliling Kembangkan Produk Kale